PERMASALAHAN PADA CAT TEMBOK

Beberapa permasalahan yang mungkin terjadi pada cat dinding seperti mengelupas, warna cat yang tidak sama (belang), pengapuran, hingga cat yang menggelembung bisa dialami oleh konsumen.  Mau tidak mau harus dilakukan perbaikan dan pengecatan ulang agar tampilan bangunan atau rumah menjadi indah kembali.

Permasalahan pada cat tembok memang tidak mengganggu struktur bangunan tetapi mengurangi keindahan pada tampilannya.  Konsumen ingin  sesegera mungkin memperbaikinya dengan mengaplikasikan cat baru ke dinding yang bermasalah.

Ada  banyak penyebab kerusakan pada cat dinding tembok.   Anda perlu mengenal jenis-jenis kerusakan dan penyebabnya, agar kerusakan yang sama dapat dihindari, sekaligus mengurangi resiko permasalahan yang baru.

  1. Cat Mengelupas

Pengelupasan cat pada tembok biasanya disebabkan oleh kurang bersihnya  tembok yang akan dicat, atau penggunaan acian yang kurang berkualitas.  Pengelupasan lapisan cat tembok yang tidak menunjukkan pengaruh pada acian, disebabkan karena terdapat kandungan minyak pada tembok sehingga cat tidak menempel dengan sempurna.  Namun bila pengelupasan cat disertai dengan lapisan acian yang ikut terkelupas juga, maka artinya acian yang dipakai kurang berkualitas.

Cara memperbaiki masalah ini adalah dengan mengelupas  cat menggunakan ampelas, kemudian bersihkan dinding dari minyak, debu, dan kotoran-kotoran lain yang dapat menyebabkan cat tidak menempel baik pada tembok.  Untuk tembok yang terkelupas karena masalah acian, proses pengacian ulang wajib dilakukan , setelah itu barulah dilakukan pengecatan ulang pada tembok.

  1. Cat Menggelembung

Penggelembungan pada cat disebabkan karena proses pengecatan yang salah.  Pengecatan dilakukan saat acian belum kering sempurna, dan proses pengecatan ulang cat yang terlalu cepat.

Cara mengatasi nya adalah dengan menghilangkan cat lama yang sudah rusak, lalu acian tembok yang bermasalah harus diampelas.  Setelah bersih dan kering baru dilanjutkan dengan pengecatan ulang.

  1. Pengapuran

Pengapuran terjadi karena penggunaan cat yang tidak memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. Kesalahan dalam penggunaan cat juga dapat menjadi penyebab pengapuran, misalnya penggunaan cat interior untuk eksterior.

Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan terlebih dahulu menganalisa letak dinding. Bila masalah terjadi pada dinding luar/eksterior, atasi dengan mengganti cat dengan produk cat khusus eksterior setelah terlebih dahulu menghilangkan cat yang bermasalah.  Produk kami Primashield sangat sesuai untuk digunakan di dinding eksterior. Sedangkan jika terjadi pada cat interior, maka lapisan cat harus dibersihkan, dan gunakan cat dasar alkali killer seperti I-coat pada tembok, barulah setelah kering dilakukan pengecatan ulang.

  1. Penggumpalan

Cat yang menggumpal dan melunak pada dinding terjadi karena nilai alkalinitas pada tembok tinggi. Ketika  dilakukan pengecatan ia  bereaksi dengan cat sehingga  hasilnya tidak maksimal.

Langkah mengatasi nya adalah dengan  menghilangkan cat lama menggunakan kapi, kemudian dinding  yang bermasalah dibersihkan  dari debu, lalu dilapisi cat yang menggunakan alkali killer seperti I-coat agar ph tembok menjadi normal.  Setelah itu Anda bisa melakukan pengecatan ulang setelah dinding  tembok kering

  1. Pengkristalan

Penyebab terjadinya pengkristalan adalah karena adanya kandungan alkali pada dinding yang membentuk garam dan terbawa pada permukaan cat tembok. Proses ini akan menjadi lebih cepat apabila kondisi lingkungan lembab.  Cara mengatasi masalah pengkristalan ini sama dengan mengatasi masalah penggumpalan.

  1. Bercak air

Bercak  basah pada dinding disebabkan adanya rembesan air pada dinding karena  kebocoran saluran air yang ditanam di dalam tembok, kebocoran talang air, atau rembesan air dari bagian luar. Hal ini dapat memicu munculnya jamur pada tembok. Cara memperbaikinya adalah dengan menghilangkan lapisan cat lama, setelah itu lapisi tembok yang mengalami kontak dengan air dengan menggunakan  cat waterproofing  Hicoates (pelapis anti bocor), dan setelah itu bisa dilakukan pengecatan ulang setelah lapisan kering.

Demikianlah jenis permasalahan umum  pada cat tembok.  Pakailah cat yang sesuai dan berkualitas serta perhatikan proses pengecatan agar hasilnya maksimal.  Dapatkan produk cat tembok, cat alkali killer, dan pelapis anti bocor dengan kualitas terbaik hanya dari Mitra Jaya Utama.