TREND WARNA ECLECTIC

Apakah yang dimaksud warna eclectic ?  Eclectic sendiri adalah gaya yang memadukan unsur-unsur yang berbeda, misalnya yang tradisionil dengan yang modern, perabot lama dengan perabot baru, gaya Timur dan Barat, yang mewah digabung yang sederhana dsb.  Anda bisa mengisi ruang dengan obyek apapun yang disukai dan unik sesuai selera pilihan anda.

Tentu saja ini  hal yang tricky, karena bila tidak hati-hati maka hasil yang didapatkan adalah kekacauan J  Anda harus berhati-hati untuk tidak melampaui garis antara kontras dengan amburadul.

Namun, bila dilakukan dengan baik, dekor eclectic akan memamerkan kepercayaan diri anda tentang selera pribadi yang selaras dengan prinsip desain yang baik.

Eclectic pada dasarnya berpusat pada kontras.  Trik-nya adalah menemukan persamaan mendasar antara warna dan benda.  Perabot boleh berbeda, tetapi harus memiliki persamaan dan kurang lebih proporsinya cocok.  Misalnya, hampir semua perabot yang anda pilih berbentuk segi empat, masukkan unsur kontras misalnya cermin bulat, atau meja berbentuk oval.

Pilihlah warna yang sudah ada di ruangan tersebut dan aplikasikan di satu bidang dinding atau di langit-langit sebagai aksen.  Kombinasikan warna gelap dengan terang, warna mencolok dengan warna lembut.  Jadikan ruangan anda sesuatu yang bersifat pribadi dan surprising.

Bagaimana cara mendesain ruangan eclectic yang baik ?  Pertama pilihlah beberapa perabot inti yang harus ada di ruangan tersebut, lakukan eksperimen dengan karpet, lukisan, lampu, aksen hiasan dan elemen-elemen lainnya.  Mainkan warna muda dan gelap, kilap dan dof, primitif dengan elegan – cari kesempatan menciptakan paralel.  Kalau dibutuhkan jangan ragu-ragu mengganti perabot atau warna.  Anda pasti tidak mungkin menjejalkan semua yang anda suka dalam sebuah ruangan.

Anda akan merasakannya saat anda sudah menemukan keseimbangan yang tepat.  Bila kurang yakin, jepret ruangan tersebut, biarkan beberapa saat, lalu pelajari foto tersebut.  Lakukan penyesuaian yang dibutuhkan.